Hepatitis


Hepatitis – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan


FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinePrint
Hepatitis adalah kondisi di mana terjadi peradangan pada hati. Hepatitis Viral, termasuk hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C, adalah penyakit yang berbeda yang menyerang hati dan masing-masing memiliki gejala dan perawatan yang berbeda. Penyebab lain penyakit ini termasuk narkoba dan alkohol. Jenis hepatitis dapat ditentukan oleh tes laboratorium.
Hasil carian imej untuk ‪hepatitis penyebab‬‏
Ada kemungkinan seseorang mengalami hepatitis dan awalnya tidak menyadari. Kadang-kadang tidak ada gejala apapun. Atau Anda mungkin tidak mendapatkan diagnosis yang tepat karena tanda dan gejalanya ringan menyerupai flu pada awal kemunculan penyakit.
Gejala
Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah hal-hal seperti:
  • Kehilangan selera makan
  • Kelelahan
  • Demam
  • Nyeri otot atau nyeri sendi
  • Mual dan muntah
  • Nyeri di perut
Beberapa orang memiliki masalah lain, seperti:
  • Urin berwarna gelap
  • Tinja berwarna terang/ dempul
  • Penyakit kuning (warna kuning pada kulit, telapak tangan, dan putih mata)
  • Perasaan gatal yang tidak spesifik
  • Perubahan mental, seperti pingsan (menjadi linglung) atau koma
  • Pendarahan di dalam tubuh
Pengobatan
Berobat ke dokter jika kita memiliki salah satu dari tanda-tanda hepatitis. Hepatitis yang tidak mendapatkan perawatan yang baik akan dapat menyebabkan sirosis, yaitu suatu jaringan parut yang serius di hati yang pada akhirnya mampu mengakibatkan kanker hati. Kunjungi dokter juga penting ketika ada teman atau anggota keluarga yang memiliki penyakit ini. Ada risiko diri kita bisa terinfeksi juga.
Hepatitis apakah menyebar?
Hepatitis A
Sekitar 20.000 orang di AS mengalami penyakit tipe ini setiap tahun. Virus Hepatitis A ditemukan dalam tinja orang yang terinfeksi. Hal ini menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi atau dengan jenis tertentu dari kontak seksual. Wabah Hepatitis A juga dialami oleh beberapa mahasiswa IPB awal Desember 2015 dan merenggut 1 nyawa. Hal ini dapat terjadi ketika penanganan terlambat dan strain virusnya juga strain yang mematikan.
Anak-anak yang mendapatkan tipe ini sering tidak memiliki gejala, sehingga infeksinya tidak diketahui. Untungnya, anak-anak sekarang secara rutin divaksinasi terhadap hepatitis A.
Kebanyakan orang yang mendapatkan hepatitis A sembuh sepenuhnya dalam waktu dua minggu sampai enam bulan dan virus ini tidak meninggalkan kerusakan hati. Dalam kasus yang jarang, hepatitis A dapat menyebabkan gagal hati dan bahkan kematian pada orang dewasa yang lebih tua atau orang dengan penyakit hati yang mendasarinya.
Hepatitis B
Setiap tahun, sekitar 40.000 orang di AS terinfeksi dengan tipe ini. Hepatitis B akut berlangsung dari beberapa minggu sampai beberapa bulan. Banyak orang yang terinfeksi dapat menghilangkan virus ketika masih dalam fase akut. Namun, beberapa orang juga mendapati virus tetap dalam tubuh sehingga mengalami infeksi hepatitis B kronis, yang merupakan kondisi yang serius, seumur hidup, dan tidak mampu disembuhkan. Hepatitis B kronis ini akan berkembang ke masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kerusakan hati, sirosis, gagal hati, dan kanker hati, dan beberapa orang meninggal akibat penyakit ini.
Vaksin untuk Hepatitis A dan B
Kini telah tersedia vaksin untuk hepatitis A dan B.  (dr. Ursula)




Read more:http://doktersehat.com/hepatitis/#ixzz4vADxegwo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dan Bagian Paru-Paru

Struktur dan Fungsi Jaringan Batang

DAMPAK ZAT SISA METABOLISME TIDAK DIKELUARKAN